Profil

smk pelayaran muhammadiyah tuban
Kampus SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban

Profil SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban

SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban atau dulu yang dikenal dengan SUPM Tuban berlokasi di JL.Hos.Cokroaminoto Po Box 23 Tuban, Jawa Timur, Indonesia.

Saat Ini SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban Telah Menempati Area Lokasi Seluas 15.610 M2 , meskipun berstatus Sekolah Swasta, SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2000 ( manajemen mutu ).

SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban saat ini telah menjadi sekolah percontohan dengan Akreditasi A, dan kerap kali menjadi sekolah yang ditunjuk untuk mengadakan pelatihan sekaligus tempat penyeleksian uji kompetensi para Taruna Taruni yang akan bekerja di Jepang.

taruna smk pelayaran muhammadiyah tuban
taruna smk pelayaran muhammadiyah tuban

SUPM / SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban Berdiri Berdasarkan SK Pendirian Sekolah dengan Nomor 420/7189.1/414.042/2003, dengan NPSN : 20505033. menerapkan Sekolah dengan sistem Full Day Scholl ( 5 Hari Belajar Efektif ) SUPM / SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban didaulat menjadi SMK Pelayaran Terbaik yang mampu mengarahkan Anak Didiknya untuk bersaing di bursa Kerja baik Nasional maupun Internasional dalam Bidang Pelayaran khusunya di Perkapalan dan Penangkapan Ikan serta dalam bidang Perikanan.

Saat ini SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban telah mempunyai 3 Kelas Kompetensi Keahlian, diantaranya

1. Teknika Kapal Penangkapan Ikan ( TKPI )

2. Nautika Kapal Penangkapan Ikan ( NKPI )

3. Teknik Pemesinan ( TP )

4. Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan ( APHPi )

VISI SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban

Mewujudkan sekolah unggul, kreatif, asri, berakhlaq mulia dan bertaraf internasional

MISI SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban

  • Menumbuhkan semangat berprestasi akademik dan non akademik
  • Mengembangkan kreatifitas warga sekolah
  • Menjadikan sekolah green, clean, hygiene dan healty
  • Membentuk karakter warga sekolah berakhlaq mulia
  • Mencetak lulusan yang mempunyai kompetensi dan daya saing di dunia usaha/dunia industri baik tingkat nasional maupun internasional

Prospek Kerja Lulusan SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban

Lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) Pelayaran jurusan Teknika dan Nautika masih sangat dibutuhkan dunia kerja. Banyak perusahaan pelayaran ‘jemput bola’, melakukan seleksi untuk posisi anak buah kapal langsung datang ke SMK. Tiap tahun Perusahaan pelayaran datang ke sekolah kami untuk menyeleksi pegawai. ataupun magang kerja. Lulusan dari sekolah kami hampir semua bisa bekerja di pelayaran,” kata Suyanto S. Pi., selaku Kepala Sekolah SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban, dalam rangka Sosialisasi dan Perekrutan Magang ke Jepang.

Saat ini SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban merupakan SMK Pelayaran Unggulan, yang pada tahun 2019 lalu mendapatkan penghargaan Excellent School dalam ajang Muhammadiyah Education Awards 2019. ” itu salah satu bukti, bahwa kerja keras kami untuk menjadikan SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban sebagai ‘Lumbung’ lulusan Taruna-Taruni yang Kompeten, Kompetitif dan Kreatif, yang siap kerja dan bersaing dalam era persaingan global mulai membuahkan hasil ” terang Waka Humas, Mufit Thohari.

Kembali ke Atas