Pentingnya Pendidikan Dalam Kehidupan

taruna smk pelayaran muhammadiyah tuban

Pendidikan Sebagai Cahaya

Apa itu Pendidikan

Sebelum membahas betapa pentingnya pendidikan dalam kehidupan, kita perlu tahu asal dan makna dari kata pendidikan itu sendiri. Pendidikan berasal dari kata didik, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata didik bermakna latih atau pelihara. Karena itu jika kita beri imbuhan awalan me- pada kata didik, akan menjadi mendidik, yang artinya memelihara atau melatih, jika demikian maka kata Pendidikan bisa bermakna Pemeliharaan atau Pelatihan.

Dalam KBBI juga menjelaskan bahwa kata Pendidikan bermakna proses, cara, perbuatan mendidik, lebih lengkapnya proses mengubah sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan, dan menurut saya seharusnya ada tambahan kalimat dengan pemeliharaan yang berkesinambungan atau terus menerus.

Karena usaha untuk mendewasakan seseorang itu tidak serta merta secara instan akan terlihat hasilnya. Dibutuhkan kesabaran, ketelatenan dan strategi yang bisa jadi hal itu merupakan usaha yang komplek dan melibatkan banyak pihak.

Pentingnya Pendidikan dalam kehidupan

Apa Pendidikan itu penting ?

Seperti tubuh kita yang membutuhkan asupan makanan dan nutrisi serta mineral yang kompleks, begitu juga dengan jiwa kita. Melalui pendidikan kita belajar nilai-nilai kehidupan untuk menjadi lebih matang dan dewasa dalam menghadapi problematika kehidupan kedepan. tentu saja pendidikan tak hanya kita dapatkan di lembaga formal, tapi juga non formal, bahkan kita bisa mendapatkan pendidikan dari lingkungan sekitar, kita juga bisa belajar dari alam.

Melalui pendidikan, kita dilatih untuk berdisiplin, mengetahui nilai-nilai luhur kehidupan, belajar tentang ilmu pengetahuan. Bahkan dengan pendidikan dapat merubah sudut pandang seseorang, memperbaiki pola pikir dan mematangkan kedewasaan berpikir sehingga kita menjadi lebih bijak dalam mencetuskan keputusan. Pendek kata, pendidikan itu penting untuk pribadi kita, untuk masa depan yang lebih cerah.

PPDB SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban

Smk Pelayaran Muhammadiyah Tuban sebagai lembaga pendidikan yang telah meluluskan ribuan peserta didik adalah salah satu pilihan terbaik untuk melanjutkan pelatihan atau jenjang pendidikan yang lebih tinggi bagi lulusan MTs atau SMP yang ingin melanjutkan tingkat pendidikannya. Di SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban, peserta didik akan mendapatkan asupan kedisiplinan, keagamaan, ilmu pengetahuan, keterampilan dan juga jaminan pengarahan magang kerja setelah lulus sekolah. Sebagai bentuk implementasi kesinambungan proses pendidikan itu sendiri.

Saat ini melalui even tahunan ppdb 2022, SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban membuka pendaftaran calon taruna-taruni baru bagi lulusan MTs dan SMP yang ingin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Tentukan masa depanmu mulai dari sekarang.

Oleh : Mufit Thohari, S.Kel. / Waka Humas

Pentingnya Pendidikan Dalam Kehidupan
Kembali ke Atas