Peluang Dan Prospek Kerja Taruna-Taruni SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban

taruna smk pelayaran muhammadiyah tuban

Peluang Dan Prospek Kerja Smk Pelayaran

SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban – Peluang dan prospek kerja lulusan smk pelayaran di Indonesia sangatlah besar sekali, karena indonesia merupakan negara besar yang terdiri dari pulau-pulau dan menyimpan kekayaan alam besar. Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki sumber daya laut yang sangat besar. Sayang sekali ketersediaan tenaga kerja di bidang perikanan dan kelautan masih minim. Oleh sebab itu, SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban mengajak kamu mempertimbangkan prospek kerja perikanan berikut ini.

  1. ABK

Ingin berkarir cemerlang, Kamu bisa menjadi ABK dan observer baik dalam negeri dan luar negeri. Jika bekerja di luar negeri, Kamu bisa mendapatkan gaji bulanan mencapai angka belasan juta rupiah.

  1. Peneliti

Kamu juga bisa mengembangkan minat dan bakat di bidang perikanan dan kelautan dengan menjadi seorang peneliti atau ilmuwan. Soal gaji, Kamu bisa mendapatkan penghasilan fantastis.

  1. Bekerja di Perusahaan Perikanan

Prospek kerja perikanan sangat terbuka lebar untuk Kamu yang ingin bergabung di sektor swasta. Kamu bisa menjadi pekerja di pabrik ikan dan makanan, pabrik pakan ikan atau pembibitan dan lain-lain.

  1. Quality Control

Kamu juga bisa menjadi seorang Quality Control yang bekerja untuk perusahaan swasta atau negara. Gaji pekerja Quality Control memang besar sebab kualitas produk ditentukan oleh para ahli di bidang ini.

  1. Tenaga Pendidik

Jika ingin mengabdi pada negara dengan semua ilmu yang Kamu miliki, bisa kok. Toh, jurusan perikanan dan kelautan menyediakan banyak prospek kerja sebagai tenaga pendidik atau pengejar. Gaji seorang dosen bisa mencapai 5 juta ke atas setiap bulan termasuk berbagai tunjangan menarik.

  1. Peternak Ikan

Ingin sukses dengan memanfaatkan ilmu yang Kamu dapat di bangku kuliah, tak ada salahnya menjadi seorang peternak ikan. Jurusan Budidaya Perikanan atau Perairan akan memberikan wawasan pada Kamu mengenai teknik budidaya ikan air tawar dan air asin.

Budidaya Hasil Laut
Jurusan Budidaya Perikanan dan Perairan juga memiliki prospek pekerjaan cemerlang sebab Kamu bisa menentukan sendiri berapa penghasilan yang diinginkan. Kamu bisa memulai langkah menjadi seorang pembudidaya hasil laut yang sukses seperti udang, rumput laut dan lain-lain.

BPOM
Lulusan perikanan dan kelautan juga bisa bergabung menjadi pegawai BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Menjadi pegawai negeri yang bekerja di BPOM bisa memberikan gaji menggiurkan dengan kisaran jutaan per bulan.

Konsultan
Ilmu yang Kamu dapatkan dari jurusan perikanan bisa membawa karirmu sebagai seorang konsultan. Kamu bisa menjadi konsultan kelautan, konsultan teknik kelautan, konsultan lingkungan pesisir dan lain-lain. Tentu penghasilan menjadi konsultan sangat besar mulai jutaan hingga belasan juta rupiah.

PNS
Mau bergabung menjadi PNS, para lulusan perikanan bisa menjadi staf Kementerian Perikanan dan Kelautan Indonesia. Gaji yang ditawarkan bervariasi tergantung jenis pekerjaan. Kamu bisa menjadi staf administrasi, pengawas perikanan, manajemen dan lain-lain. Gaji yang ditawarkan minimal 1,8 juta hingga 7 juta per bulan belum termasuk tunjangan lho!
Nah, apakah Kamu tertarik masuk SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban, yang saat ini telah membuka Pendaftaran Calon Taruna-Taruni Baru, dalam Bidang Perikanan dan Kelautan yang memiliki pilihan jurusan menarik? Kamu Bisa Memilih Jurusan
Teknika Kapal Penangkap Ikan ( TKPI )
Nautika Kapal Penangkap Ikan ( NKPI )

Teknik Pemesinan ( TP )
Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan ( APHPi )
Prospek kerja perikanan masih terbuka lebar mengingat 2/3 wilayah negeri Indonesia terdiri dari lautan. Yuk, tentukan masa depan Kamu dari sekarang, Bergabunglah Bersama SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban, Untuk Meraih Masa Depan Yang Gemilang

taruna smk pelayaran muhammadiyah tuban
taruna smk pelayaran muhammadiyah tuban

Membuka Peluang Kerja Sendiri

Selain prospek dan peluang kerja yang telah disebutkan tadi, bagi lulusan smk pelayaran yang ingin membuka usaha mandiri, kesempatan tersebut sangat terbuka lebar dan patut untuk dicoba. Saat menimbah ilmu di smk pelayaran, siswa dibekali dengan ilmu pengetahuan tentang seluk beluk kapal penangkap ikan, dan juga mengenai pengolahan hasil perikanan, begitu juga siswa dibekali dengan berbagai keterampilan tentang dunia perikanan. Hal itu memberikan kesempatan kepada lulusan smk pelayaran yang ingin membuka usaha mandiri setelah lulus sekolah. Beberapa usaha mandiri lulusan smk pelayaran adalah:

  • Membuka usaha kreatif pengolahan hasil perikanan dalam kemasan
  • Membuat Tambak budidaya ikan
  • Mendirikan Laboratorium pengujian mutu dan kelayakan dari hasil perikanan
  • Membeli Kapal atau perahu untuk usaha penangkapan ikan dengan skala besar
  • Menjadi Pengepul dan pemasok bahan hasil perikanan di pelabuhan

Peluang Dan Prospek Kerja Taruna-Taruni SMK Pelayaran Muhammadiyah Tuban
Kembali ke Atas